Tips Membuat Desain Custom T-Shirt 3D Sebelum Dicetak


Sudah bukan menjadi rahasia lagi jika desain merupakan salah satu faktor penting yang mampu mempengaruhi kualitas custom t-shirt. Jadi bagi Anda yang ingin menghasilkan baju yang berkualitas, pastikan Anda juga membuat desain yang berkualitas pula. Nah agar tak menyesal, berikut merupakan beberapa tips membuat desain 3D sebelum dicetak.

Tips Membuat Desain Custom T-Shirt 3D Sebelum Dicetak

Ketahui Tujuan Utama Membuat Desain Tersebut
Poin utama yang perlu Anda lakukan adalah mengetahui apa tujuan utama Anda membuat desain tersebut. Apakah desain tersebut akan digunakan untuk kebutuhan industri atau hanya untuk kepentingan pribadi saja. Sebab tanpa disadari hal ini akan sangat membantu Anda untuk bisa menciptakan desain yang memukau sesuai dengan yang diinginkan.
Perhatikan Aplikasi atau Software yang Digunakan
Saat ini sudah ada banyak sekali aplikasi atau software desain yang bisa Anda manfaatkan untuk menciptakan desain yang memukau. Mulai dari Solidworks, ZBrush, dan Sketchup, AutoCAD, Autodesk 3D Max, hingga Blender.
Namun sebelum menggunakannya pastikan Anda mengetahui dengan pasti karakteristik dari software atau aplikasi desain yang digunakan. Apakah software tersebut bersifat  solid, mesh, CSG atau face. Sebab dengan begitu Anda bisa lebih maksimal dalam menggunakannya. Namun jika Anda belum terbiasa, jangan ragu untuk meminta bantuan jasa cetak kaos yang Anda pilih.
Perhatikan Dimensi, Akurasi, dan Detail Desain
Selama membuat desain 3D, poin terpenting yang perlu Anda perhatikan adalah dimensi, akurasi, dan detail desain itu sendiri. Mengapa demikian? Pasalnya tidak semua mesin printer akan cocok dengan desain 3D yang Anda buat. Jadi pastikan Anda memperhatikan hal tersebut agar hasil cetak kaos sesuai dengan apa yang Anda harapkan.
Pahami Kemampuan Printer 3D yang Digunakan
Selian desainnya yang harus akurat dan berkualitas, poin lain yang tak kalah penting untuk Anda perhatikan adalah kemampuan printer yang akan digunakan. Mengapa? Sebab setiap mesin cetak memiliki kemampuan dan spesifikasi yang berbeda. Jadi pastikan Anda memperhatikan kemampuan mesin cetak yang digunakan agar hasilnya lebih maksimal sesuai yang diharapkan.
Buat Standar Format File 3D Printing
Untuk bisa mencetak desain 3D yang sudah Anda buat, hal terakhir yang perlu diperhatikan adalah format file. Sebelum cetak, pastikan Anda export file ke dalam format Stereo Litho Graphy (STL). Lantas apa sih STL itu? STL merupakan jenis file standar yang biasanya digunakan dalam proses mencetak menggunakan printer 3D. Dengan begitu maka hasilnya akan sesuai dengan keinginan.
Nah di atas merupakan beberapa tips mudah membuat desain 3D sebelum dicetak. Dengan beberapa tips di atas kini membuat desain 3D untuk t-shirt printing menjadi jauh lebih mudah. Ingin membuat kaos dengan desain sendiri namun bingung harus pesan di mana? Pesan saja di custom.my, soal kualitas tak perlu diragukan lagi. Harga juga cukup bersaing lo.