7 Jenis Ikan Hias Air Tawar yang Unik untuk Dipelihara


Umumnya ikan hias diperuntukan menghias atau memperindah ruangan. Kini pun banyak ditemukan berbagai ikan hias jenis air tawar di pasaran. Dan di antara ikan hias itu terdapat ikan dengan warna dan bentuk yang tak biasa. Tentunya ikan yang dikhususkan menghias ruangan ini menarik untuk dipelihara. Dengan keunikannya akan membuat aquarium ataupun kolam ikan Anda terlihat lebih cantik.

7 Jenis Ikan Hias Air Tawar yang Unik untuk Dipelihara

Macam Macam Ikan Hias Unik untuk Dipelihara

Adapun ragam ikan hias dari air tawar yang dapat Anda pelihara, sebagai berikut.
1. Rainbowfish atau Ikan Pelangi
Tampilan ikan ini sesuai dengan namanya yakni pelangi, hal ini menjadi ciri khas dari ikan tersebut. hewan yang hidup di air ini bisa Anda temui di Australia dan Indonesia. Sedangkan ikan family Melanotaeniidae di Indonesia sendiri banyak ditemukan di Papua dan Sulawesi. Rainbowfish ini sebenarnya berasal dari Papua, corak ikan ini sangat indah dan populer bagi pecinta ikan hias.

2. Black Ghost
Ikan yang mempunyai nama ilmiah Apteronotus albifrons ini berasal dari Amerika selatan dan Amazon, yaitu black ghost. Hewan berdarah dingin ini memiliki rupa tubuh unik di mana terdapat gelambir di tubuhnya serta hampir keseluruhan tubuhnya berwarna hitam kecuali pada bagian ekor sehingga dinamakan sesuai tampak tubuh. Black ghost mampu mengeluarkan listrik tapi jumlahnya kecil.

3. Neon Tetra
Paracheirodon innesi atau ikan neon tetra dapat memancarkan cahaya yang indah dari tubuhnya. Bagi Anda yang punya hobi mengoleksi ikan hias akuarium, neon tetra ini patut dikoleksi. Ikan hias air tawar satu ini berukuran kecil, ikan jenis gerombol ini kebanyakan rupa warnanya biru mengkilap melintang di sepanjang tubuh dan di bagian bawah berwarna merah.

4. Sumatra Barb
Tiger barb atau Sumatra barb ini berasal dari Indonesia dan banyak ditemukan di daerah Kalimantan dan Sumatera. Puntigrus tetrazona sangat indah ketika tengah berkumpul sesama jenisnya. Di tubuh ikan ini terdapat corak empat garis hitam memanjang serupa loreng harimau dan di ujung sirip tiger barb berwarna oranye. Itulah mengapa ikan hias ini dinamai demikian.

5. Dwarf Pufferfish
Dwarf Pufferfish, bila diartikan dari bahasa Inggris yakni ikan buntal kerdil ini yang berasal dari Hindustan. Walaupun ikan bentuknya mungil dan terlihat unik serta imut, namun sebenarnya hewan vertebrata ini termasuk ikan predator. Terlebih lagi ikan buntal ini terbilang aktif dan pintar, bila pemiliknya menghampiri ikan unik ini akan mendekat supaya dikasih pakan.

6. Kuhli Loach
Ikan ini sangat disukai para pecinta ikan hias, kenapa? Sebab tak hanya indah dilihat kuhli loach memiliki kemampuan memakan alga yang tumbuh di akuarium yang akan merusak keindahannya. Ikan ini termasuk ikan pembersih yang akan berenang disela-sela batu dan dasar bak kaca. Harganya pun terbilang terjangkau dipasaran. Hewan yang hidup di air tawar ini wujudnya mirip dengan belut.

7. Lobster Hias atau Crayfish
Hewan pilihan terakhir yang unik untuk Anda koleksi ialah crayfish atau biasa dikenal sebagai Lobster hias. Lobster ini umumnya mempunyai corak dan warna yang memikat. Walaupun lobster yang hidup air tawar ini berukuran lebih kecil daripada kebanyakan jenis lobster. Tetapi daya tariknya menjadi objek penting dalam akuarium.

Ikan hias yang telah diurai ini hanya sebagian dari sekian jenis ikan unik yang dapat Anda pelihara baik di kolam maupun dalam akuarium. Dengan memelihara hewan unik sebagai penghias tentu memiliki daya tarik tersendiri.